7 Cara Membangun Karakter Baik pada Diri Anak

membangun karakter pada anak

Semua orang tua pasti ingin anak-anaknya bisa bersikap baik. Hal ini tentunya perlu dilatih, Bun, salah satunya dengan membangun karakter anak yang sebaiknya dilakukan sejak dini.

Kata psikolog anak Novita tandry, orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan sebuah karakter anak. Terutama seorang ibu yang jadi contoh pertama yang dilihat anak. Kata Novita, ibu adalah role model, bukan super model.

“Seorang ibu patut menjadi contoh yang teladan bagi anaknya. Ia harus memberikan contoh yang baik agar diikuti dan dapat dijadikan suatu kebiasaan yang dibawa hingga dewasa. Kita tidak bisa mengajarkan apa yang tidak kita punya. Bila kita mengajarkan anak disiplin, ya kita harus disiplin,” kata Novita.

7 cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun karakter baik pada diri anak yaitu:

1. Ajari anak untuk mencintai

Bunda bisa mengajarkan anak tentang cinta. Ya, cinta terhadap lingkungan, kerabat, teman dan juga keluarga. Bahkan ketika anak bisa mendahulukan kepentingan orang lain dibanding kepentingan pribadinya, anak-anak bisa dibilang sudah mampu mencintai, Bun.

2. Ajari anak perdamaian

Kemudian ajarkan anak mengenai perdamaian. Beri tahu anak jika sebuah konflik nggak baik dan perlu diselesaikan secepatnya. Kemudian, bila anak melakukan kesalahan, ajari dia untuk minta maaf lebih dulu.

3. Melatih anak bersabar

Bunda bisa ajari anak untuk bersabar. Misalnya anak minta segera makan, Bunda bisa minta dia sabar menunggu karena masakan belum matang. Dengan begini, anak terlatih mengontrol keinginannya.

4. Ajari anak kebaikan

Yuk, Bun, ajari anak melakukan kebaikan untuk orang lain. Mulai dari hal simpel aja misalkan mengajak anak memberi uang pada pengemis atau menolong teman yang tertimpa musibah. Cara yang satu ini akan menumbuhkan rasa empati pada diri anak.

5. Tanamkan sifat lembut pada si kecil

Kemudian ajarkan anak tentang kelembutan. Jika anak melakukan hal yang kasar baik verbal maupun fisik, jangan segan-segan untuk menghentikannya dan ajari anak untuk berkata baik agar tidak menyakiti hati orang lain.

6. Ajari anak mengontrol diri

Ajarkan anak tentang kontrol diri. Dengan mampu mengontrol diri dan juga sadar bahwa kadang apa yang terjadi nggak selamanya sesuai kehendak kita, anak bisa menjalin hubungan yang baik ke depannya.

7. Tanamkan nilai tanggung jawab dan tepati janji

Sejak kecil, Bunda perlu mengajari anak soal tanggung jawab. Termasuk tanggung jawab terhadap apa yang sudah dia lakukan. Contohnya, biasakan anak menyelesaikan apa yang sudah dia kerjakan. Lalu ajari anak untuk tepat janji. Caranya bisa dengan jadi role model. Ketika Bunda berjanji sesuatu pada anak, tepati. Jangan sampai anak kecewa dan malah menjadi karakter yang tidak bertanggung jawab. Ya, karena anak berpikir janji bisa dengan mudah diingkari.

Nah, itulah 7 cara membangun karakter baik pada anak. Ajarkan karakter pada anak mulai usia dini ya bun, agar anak memiliki karakter yang baik saat sudah dewasa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *