Apa itu KITAS dan Jenis-Jenisnya yang Wajib Diketahui

Apa itu KITAS

Ketika warga Negara asing akan tinggal sementara di Indonesia secara resmi maka dibutuhkan yang namanya izin tinggal. Salah satu izin tinggal dimana wajib dimiliki oleh warga asing adalah KITAS atau Kartu Izin tinggal terbatas. Kartu izin ini sangat dibutuhkan baik warga asing yang ingin tinggal di wilayah Indonesia.

KITAS biasanya juga diperbaharui apabila dibutuhkan. Hal ini pun ternyata terdapat pada peraturan baru imigrasi dimana disahkan pada bulan Mei tahun 2011 silam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai KITAS yang wajib buat diketahui.

Apa itu KITAS?

KITAS merupakan izin tinggal di Indonesia dimana berlaku secara terbatas selama 6 bulan hingga 1 tahun. Ini merupakan jenis izin paling umum bagi para penduduk asing. Untuk memperoleh izin, seorang warga asing biasanya harus mempunyai sponsor Indonesia. Dengan KITAS maka seseorang dapat tinggal di Indonesia hingga 5 tahun.

Sebenarnya pemerintah Indonesia sendiri memang telah menawarkan 30 hari gratis visa turis disamping visa kedatangan untuk sebagian besar warga Negara di dunia. Tetapi, apabila Anda membutuhkan waktu lebih lama buat tinggal Di Indonesia maka membutuhkan keberadaan KITAS tersebut. Apabila seorang warga asing berada di Indonesia lebih dari masa kunjungan visa maka akan memperoleh denda hingga 500 juta maupun hukuman penjara 5 tahun.

Jenis-jenis KITAS

Perlu diingat juga apabila KITAS memiliki beberapa jenis yang wajib diketahui. Tentunya jenis tersebut dibedakan berdasarkan dengan tujuan dari para pendatang. Berikut beberapa jenis KITAS dimana wajib diketahui oleh warga asing:

  1. KITAS IZIN Kerja

KITAS izin kerja merupakan surat izin kerja dimana diperuntukkan oleh warga asing yang akan bekerja di kawasan Indonesia. Untuk memperolehnya maka harus disponsori oleh perusahaan Indonesia maupun organisasi di Indonesia seperti PT, PT PMA, kantor perwakilan hingga pihak swasta.

Biasanya sebelum memperoleh visa kerja KITAS maka seorang warga asing harus memiliki izin kerja dahulu dengan mengkonfirmasikan posisi maupun lokasi perusahaan yang bersangkutan. Posisi pekerjaan ternyata akan mempengaruhi durasi visa kerja KITAS tersebut.

  1. KITAS Visa Pernikahan

Bagi warga asing dimana menikah secara resmi dengan warga Negara Indonesia dan ingin tinggal di kawasan Indonesia maka harus mempunyai KITAS visa pernikahan. Warga asing yang ingin memperoleh visa ini maka dapat memperoleh sponsor dari pasangannya.

Tetapi visa ini tidak bisa digunakan untuk kerja karena hanya digunakan sebagai izin tinggal. Syarat wajib buat memperoleh KITAS ini diantaranya adalah sertifikat nikah resmi dimana disahkan oleh pemerintah Indonesia.

  1. KITAS Visa Pensiun

Sesuai dengan namanya, visa yang satu ini hanya ditunjukkan bagi warga asing dimana ingin menghabiskan masa pensiun di Indonesia. Visa ini pun juga tidak dapat digunakan buat bekerja. Anda dapat masuk menggunakan visa turis dan mengajukan permohonan KITAS visa pensiun setelah satu bulan di Indonesia.

Dengan menggunakan visa inilah, maka seorang warga asing dapat tinggal di kawasan Indonesia secara bertahun0taun dan dapat masuk atau keluar negeri sebanyak mungkin. Keuntungan lainnya menggunakan KITAS ini adalah dapat membuka rekening bank local maupun menyewa sopir pribadi. Tetapi memang tidak dapat digunakan untuk bekerja sama sekali.

Keberadaan KITAS memang menjadi salah satu izin yang penting dimana wajib dimiliki oleh setiap warga asing yang ingin tinggal di Indonesia. Untuk mengurus izin ini, maka diharuskan menyediakan beberapa dokumen penting. Agar lebih mudah, cobalah menggunakan layanan dari permitindo.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *