Aplikasi BPR dan Koperasi Menjadi Solusi Agar Tetap Eksis di Masa Pandemi

Aplikasi Koperasi

Merebaknya kasus virus corona sangat mempengaruhi kehidupan umat manusia, dari segi kesehatan, pendidikan, begitu juga dengan perekonomian. Jumlah kasus Covid-19 yang selalu bertambah membuat laju bisnis melambat. Apalagi dengan masyarakat saat ini tengah mengurangi aktivitas diluar rumah seperti liburan atau belanja. Sehingga, berdampak pada nilai produktivitas pun menurun dan daya  beli juga menurun.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi bagian yang paling rentan terkena krisis akibat pandemi virus Corona. Disamping daya jual beli yang rendah,mereka harus bertahan apabila barang tidak laku/kadaluarsa karena pembelian yang sangat kecil. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengembalikan kegiatan UMKM agar berjalan lancar,salah satunya adalah dengan memberikan aliran dana. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Koperasi dinilai sangat berpotensi dalam mengalirkan dana yang dibutuhkan UMKM saat ini supaya tepat sasaran. Hal ini kemudian merujuk pada peluncuran aplikasi BPR dan aplikasi koperasi sehingga UMKM dapat tetap bertahan dan berproduksi secara aktif.

Proses verifikasi yang sangat mudah membuat aplikasi BPR dan aplikasi koperasi sangat disarankan bagi para pebisnis untuk melakukan simpan pinjam. Tetapi masih banyak orang yang awam dan takut akan meminjam melalui BPR, sehingga kita lebih perlu mengenal apa itu BPR?

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah. Kegiatan BPR dilarang menerima simpanan giro,kegiatan valas, dan perasuransian yang membuat kegiatan BPR terkesan lebih sempit dibandingkan Bank general lainnya. 

Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah : “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Dengan mengenal lebih dalam mengenai BPR, memudahkan para pebisnis untuk mengambil modal di awal sehingga selama pandemi kegiatan jual-beli barang tetap terpenuhi kebutuhannya. 

Bila tidak ingin mengajukan melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR), ada koperasi yang siap membantu dengan proses verifikasi yang lebih mudah lagi. Lalu, sebenarnya apakah koperasi itu sendiri?

Koperasi adalah badan usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Sedangkan pengertian koperasi yang lebih formal adalah sesuai dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 2012 pasal 1, yaitu : Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.

Berikut simak kiat-kiat strategi mempertahankan bisnis di tengah pandemic Covid-19 yang diantaranya adalah :

1. Memberikan Distraksi yang Positif 

Situasi yang tidak pasti membuat banyak orang merasa khawatir dan stress. Kondisi seperti ini bukanlah saat yang tepat untuk promosi penjualan maka dari itu bagi para pebisnis disarankan untuk memberikan distraksi yang positif

2. Lakukan Transaksi Online

Untuk menghindari penyebaran virus corona, sebisa mungkin menghindari transaksi langsung. Kini, melalui aplikasi BPR maupun aplikasi koperasi proses peminjaman modal atau kredit usaha dapat dilakukan secara daring tanpa harus datang langsung ke bank atau koperasi.

3. Kaji Ulang Anggaran dan Jaga Cash Flow

Kelangsungan bisnis merupakan hal yang krusial dan perlu diperhatikan terutama dalam kondisi seperti ini. Keuangan yang dikelola dengan baik dan hati-hati harus selalu dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis adalah kuncinya. Dengan aplikasi koperasi dan aplikasi BPR, maka keuangan usaha dapat dipisahkan dari kebutuhan personal, sehingga tidak mengganggu cash flow bisnis.

Kemudahan dalam meminjam modal usaha melalui aplikasi koperasi dan BPR tentunya sangat memudahkan pebisnis untuk menyelesaikan segala solusi selama pandemi. Aplikasi koperasi dan BPR hadir sebagai solusi yang tepat bagi para penggiat bisnis, khususnya UMKM. Sangat disarankan pula untuk para pebisnis melihat situasi dan kondisi agar dapat mengontrol keuangan selama melakukan simpan-pinjam di koperasi dan BPR. Tetap menjaga cash flow dan jangan mencampur antara keuangan bisnis dan kebutuhan personal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *