Kehadiran Aplikasi E-SPT Memudahkan Pembuatan SPT

Aplikasi E-SPT Memudahkan Pembuatan SPT

Perlu Anda ketahui bahwa pembuatan SPT (Surat Pemberitahuan) saat ini sudah dapat dilakukan menggunakan sistem online melalui aplikasi khusus. Yang sudah diberikan oleh pihak Dirjen Pajak. Jenis dari aplikasi tersebut dikenal dengan aplikasi e-SPT, berupa kemasan digital dari SPT dimana nantinya harus disampaikan atau dilaporkan ke pihak DJP, menjadi sebuah bentuk tanggung jawab dari para wajib pajak, entah itu perorangan atau suatu badan.

Untuk aplikasi e-SPT tersebut sudah dapat diunduh di situs resmi miliki Dirjen Pajak, tersedia juga berbagai jenis sesuai peruntukannya. Di pembahasan kali,bakal diulas lebih dalam terkait penggunaan aplikasi e-SPT .

Sebelum hadirnya aplikasi e-SPT ini, para wajib pajak diwajibkan untuk datang langsung ke kantor layanan pajak agar membuat SPT yang nantinya dilaporkan, lalu mengisi data lengkap, melewati pemeriksaan setelah itu baru dapat dilaporkan. Jika menggunakan aplikasi tersebut, pembuatan SPT dapat dilakukan sendiri dimanapun tanpa harus datang ke kantor layanan pajak, selain itu pelaporannya pun dapat dilakukan via online dan dikirimkan langsung ke sistem Dirjen Pajak.

Fungsi Aplikasi E-SPT Sangat Penting Bagi Wajib Pajak

Apakah Anda pernah mendengar e-SPT ? yakni Surat Pemberitahuan Elektronik, merupakan surat bagi wajib pajak yang dipakai untuk melakukan pelaporan terkait pajak, dan e-SPT sendiri adalah bentuk SPT dengan kemasan digital atau secara online.

E-SPT merupakan aplikasi yang sengaja dibuat oleh pihak DJP agar dapat memudahkan para wajib pajak dalam urusan pembuatan atau pelaporan SPT tanpa harus datang ke kantor pajak. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap era yang semua serba praktis dan dilakukan secara online, ditambah kaum milenial saat ini lebih menyukai hal-hal yang berbasis online. Selain itu memang dengan kehadiran aplikasi e-SPT tersebut seluruh pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.

Nah, dengan hadirnya aplikasi tersebut, Anda yang sebagai wajib pajak dapat melaporkan e-SPT dengan lebih mudah dan praktis, serta tidak perlu lagi melakukan antrian di kantor pajak. Kehadiran e-SPT memberi banyak kemudahan untuk Anda sebagai wajib pajak, apalagi untuk orang-orang yang memiliki jam sibuk dan nyaris tidak mempunyai waktu luang untuk sekedar pergi ke kantor pajak terdekat.

Fungsi dari E-SPT

Lewat kecanggihan dari aplikasi e-SPT, Anda hanya perlu melakukan perhitungan secara manual memakai Microsoft Excel, serta menyiapkan seluruh data pendukung. Lalu, hasil dari perhitungan serta data pendukung nantinya dimasukkan ke dalam aplikasi e-SPT baik PPH sebuah badan atau PPH perorangan.

Lewat metode tersebut, Anda dapat menghemat banyak waktu. Nah, terkait kelebihannya sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu dari fungsi dari SPT dan apa alasannya harus mempunyai SPT. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini :

  1.       Sebagai Saranan Pemungut Pajak

Sebuah SPT fungsinya untuk melaporkan serta mempertanggungjawabkan suatu pajak yang dipungut atau dipotong

  1.       Wajib Pajak PPH

SPT sendiri dipakai untuk melaporkan perhitungan dari total nilai pajak, melaporkan terkait pelunasan pajak atau pembayaran pajak yang sudah dijalankan sendiri atau lewat pemungutan atau pemotongan pihak lain dari satu tahun masa pajak, pendapatan objek pajak, harta serta kewajiban, dan pemotongan pajak pada suatu badan usaha atau perorangan.

  1.       Pengusaha Kena Pajak

Fungsinya untuk dapat melaporkan serta mempertanggungjawabkan hal terkait perhitungan pajak serta melaporkan pengkreditan dari pajak masukan ke pajak pengeluaran, pelunasan atau pembayaran pajak yang sudah dilakukan sendiri oleh PKP atau lewat pihak lain pada satu masa, dan ditetapkan oleh aturan undang-undang perpajakan yang berlakukan. Dengan begitu kehadiran dari aplikasi e-SPT akan sangat membantu para wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya sebagai warga Negara yang baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *