Dasar-Dasar Pemberian Botol Sufor Untuk Si Kecil

Pemberian Botol Sufor Untuk Si Kecil

Salah satu pengganti ASI yang disarankan saat terjadi kondisi medis tertentu maupun telah berhenti saat si kecil mengkonsumsi ASI adalah sufor. Pemberian sufor sendiri hendaknya diberikan dengan pertimbangan khusus dan si kecil harus benar-benar siap menerima sufor

Selain kesiapan si kecil, orang tua pun harus mengetahui cara yang benar untuk membuat sufor. Jika salah sedikit saja, maka bukan tak mungkin si kecil beresiko terkena bakteri yang menyebabkan si kecil mengalami masalah kesehatan.

Bagaimana cara membuat sufor formula?

Sufor formula bayi dibuat khusus sebagai pelengkap ASI. Banyak sekali jenis sufor yang ditawarkan. Dokter nantinya akan merekomendasikan merk sufor yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan si kecil.

Untuk membuat sebotol sufor , perhatikan instruksi pembuatan yang tertera pada kemasan. Ikuti instruksi dengan hati-hati :

Rebus dan saring air. Rebus air hingga mendidih, dan biarkan selama 20-30 menit hingga suhu air normal hingga 70 derajat.

Jaga kebersihan saat membuat sufor dengan mencuci tangan

Tuangkan air secukupnya ke dalam botol

Tuangkan sufor sesuai takaran menggunakan sendok takar yang biasanya jadi satu dalam kemasan sufor.

Pasang dot dan tutup dengan rapat. Selanjutkan kocok botol dengan baik hingga seluruh bedak larut.

Seberapa sering saya harus memberi sufor formula pada bayi saya?

Bayi memiliki nafsu makan yang bervariasi, jadi cobalah untuk memberinya kesempatan untuk mengatur nafsu makannya sendiri. Bayi akan menyusu sesering yang dibutuhkan, selama Anda belajar untuk memahami isyarat dan menanggapinya.

Jika memang si kecil baru saja lahir, maka ia perlu menyusu lebih sering, sehingga Anda bisa memberinya sufor botol setiap dua atau tiga jam sekali. Biarkan ia makan selama yang ia mau.Jika sudah cukup, jangan dipaksa.

Sebagai pedoman, bayi membutuhkan 150-200 ml sufor formula per kilogram berat badannya per hari. Jadi, jika si kecil memiliki berat 3 kg, maka ia akan membutuhkan 450-600 ml sufor formula selama 24 jam untuk memuaskan rasa laparnya.

Bagaimana saya bisa memastikan bayi saya minum dengan nyaman dari botol?

Memberi botol sufor pada bayi pun tak boleh dilakukan sembarangan, sebab memberi sufor botol sama pentingnya dengan menyusui. Cobalah memberikan sufor botol dengan memiringkan botolnya, sehingga ujung dot selalu penuh sufor, bukan udara.

Bayi mungkin menyusu dalam waktu singkat dengan sedikit jeda untuk istirahat. Jeda istirahat inilah yang akan dimanfaatkan bayi untuk merasakan apakah ia telah kenyang atau tidak.

Memberi sufor botol pada bayi sama pentingnya dengan menyusui. Karena itulah, peluk si kecil. Beberapa bayi sangat menyukai gendongan sembari minum sufor. Usahakan menjaga kontak mata dengan bayi. Hindari memberi makan bayi dengan posisi terlentang, karena dapat beresiko membuat bayi tersedak.

Bagaimana saya bisa menghangatkan sebotol sufor dengan aman?

Jika Anda memilih untuk menggunakan sufor sapi atau formula bubuk yang siap minum, maka Anda menghangatkan botol ke dalam panci, kendi, maupun mangkok berisi air hangat dan biarkan di dalam air tidak lebih dari 15 menit.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli penghangat botol yang lebih praktis. Hanya dibutuhkan 4-6 menit untuk memanaskan botol ke suhu yang tepat untuk si kecil.

Hindari menggunakan microwave untuk memanaskan botol ASI atau sufor formula yang telah jadi. Microwave menawarkan panas yang tidak merata, dan ini bisa membuat mulut bayi terbakar. Sufor yang terlalu panas juga dapat kehilangan nutrisinya.

Bisakah membuat makanan untuk disimpan di lemari es untuk nanti?

Selalu buatkan botol baru untuk bayi Anda setiap kali mereka ingin menyusu. Sufor bubuk tidak steril dan bakteri pun dapat bertahan hidup di dalam sufor meskipun Anda telah mencampurnya dengan air steril.

Apa merk sufor terbaik untuk anak?

Untuk memilih sufor terbaik, memang dibutuhkan banyak pertimbangan, diantaranya adalah kandungan nutrisi dan juga rasa. Untuk sufor terbaik yang memiliki kandungan gizi lengkap, Anda memilih Morinaga yang memiliki beragam varian produk untuk anak usia 1-12 tahun dengan rasa super lengkap yang pasti disukai si kecil.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *