Beginilah Cara Mencuci Tangan dengan Benar dan Momen Cuci Tangan yang Harus Anda ketahui

Tangan adalah salah satu medium yang paling penting dalam transmisi virus-virus yang dapat ditularkan melalui makanan, air, darah, sistem pencernaan, percikan pernapasan, dan masih banyak lagi. Sudah banyak studi yang mengatakan bahwa mencuci tangan dengan benar adalah salah satu tindakan yang sangat efektif agar dapat mencegah munculnya infeksi pernapasan dan diare.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Agar dapat mencegah dari berbagai macam penyakit yang bisa menular maupun tidak, mencuci tangan tetap harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar supaya kuman yang berbahaya bisa benar-benar hilang. kalau dalam mencuci tangan tidak dilakukan dengan benar, maka bakteri dan virus akan sangat mudah untuk menyerang tubuh.

Pastinya dalam mencuci tangan dengan benar perlu dilakukan dengan menggunakan air yang mengalir serta sabun. Sebaiknya sabun yang digunakan juga merupakan sabun yang bisa membunuh kuman yang terdapat pada tangan, air mengalir yang digunakan pun dapat berguna untuk meluruhkan kuman di tangan. Nah, berikut ini kami sudah merangkum mengenai cara cuci tangan dengan benar serta momen cuci tangan.

1. Telapak tangan

Langkah awal dalam mencuci tangan yang harus dilakukan yakni, membersihkan telapak tangan dengan membasahi tangan terlebih dahulu, lalu mengambil sabun dan letakkan di telapak tangan dan gosok telapak tangan secara perlahan sampai sabun menghasilkan busa.

2. Telapak punggung tangan

Selanjutnya telapak punggung tangan, bersihkan juga telapak punggung tangan kanan dan kiri dengan menggosok secara perlahan namun detail. Harus pastikan juga semua bagian punggung tangan terkena sabun.

3. Sela-sela jari

Nah, langkah dalam mencuci tangan dengan benar berikutnya yaitu membersihkan sela-sela jadi dengan menggosok sabun pada sela-sela jari. Umumnya sela-sela jari adalah salah satu lokasi yang menjadi tempat favorit bagi para kuman untuk bisa bersarang. Maka dari itu, sela-sela jari ini tidak boleh terlewatkan saat mencuci tangan.

4. Punggung jari

Kemudian, saat mencuci tangan Anda juga harus membersihkan punggung jari dengan melakukan gerakan saling mengunci. Gerakan saling mengunci tersebut dapat berguna untuk memastikan kuman yang terdapat pada jari tangan benar-benar mati.

5. Jempol

Jempol juga salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan saat mencuci tangan. Bersihkan jempol kanan serta jempol kiri secara bergantian dengan melakukan gerakan menggosok memutar. Jempol ini salah satu jari tangan yang menjadi perhatian karena ibu jari yang satu ini merupakan jari yang paling sering aktif dalam beraktivitas.

6. Ujung jari

Ujung jari atau biasa disebut dengan bagian kuku ini juga merupakan salah satu bagian yang harus disertakan saat mencuci tangan. Bersihkan lah ujung jari dengan melakukan gerakan menguncup. Gerakan ini dapat berfungsi agar kuku tetap benar-benar bersih dan kuman yang terdapat pada kuku bisa hilang.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, akhiri lah mencuci tangan dengan membersihkan sabun yang terdapat di tangan dengan menggunakan air mengalir, kemudian keringkan tangan menggunakan tisu sekali pakai atau handuk bersih.

Selain mencuci tangan dengan benar, perlu diketahui pula momen-momen penting saat tangan melakukan aktivitas dan harus di bersihkan dengan mencuci tangan berikut ini:

– Sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makan
– Sebelum makan dan sesudah makan
– Saat menutupi batuk atau menutupi bersin dengan menggunakan telapak tangan
– Setelah pergi ke toilet
– Sebelum dan setelah merawat pasien
– Setelah menyentuh binatang
– Setelah menyentuh tombol lift
– Setelah menggenggam gagang pintu
– Setelah pulang dari bepergian
– Setelah memegang barang di tempat umum

Nah, itulah cara mencuci tangan dengan benar dan momen cuci tangan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *