Cara Menghitung Transfer Payment Dalam Pendapatan Nasional

November 20, 2019

Kemakmuran suatu negara tidak hanya dinilai dari seberapa besar dan kuatnya ekonomi negara tersebut. Namun, pendapatan nasional suatu negara juga mempengaruhi hal tersebut. Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima menyeluruh dalam suatu negara oleh rumah tangga keluarga yang didasarkan pada penyerahan faktor produksi yang terjadi selama setahun.

Ada banyak hal pula yang menjadi patokan untuk menghitung hal tersebut, namun kita akan membahas tentang salah satu bagian penting dari perhitunganya, yaitu transfer payment. Tentunya ada cara menghitung transfer payment yang ilmiah guna dijadikan patokan untuk menentukan pendapatan nasional secara pasti.

Cara Menghitung Transfer Payment Dalam Pendapatan Nasional

Pengertian Transfer Payment

Sebelum membahas tentang rumus menghitung transfer payment, tentunya kita sebaiknya tahu terlebih dahulu tentang pengertian dari transfer payment sendiri. Tentunya istilah ini memiliki arti sendiri. Yang dimaksud dengan transfer payment adalah jenis penerimaan yang tidak dimasukkan dalam balas jasa produksi dalam tahun tersebut, tetapi merupakan penerimaan yang diambil dari bagian yang ada pada pendapatan nasional di tahun yang lalu.

Hal ini bisa dalam bentuk berbagai hal contohnya tunjangan sosial untuk pengangguran, bunga utang pemerintah, pembayaran uang pensiun bagi pegawai, pemberian santunan bekas pejuang, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Sekarang, mari kita bicarakan tentang cara menghitung transfer payment. Caranya tentunya tidaklah begitu sulit jika anda sudah mempersiapkan berbagai informasi lain yang berhubungan dengan transfer payment ini. Rumus yang dipakai untuk menghitung nilai dari bagian ini adalah:

Transfer Payement = Pendapatan Perseorangan + ( Pajak Perseroan + Iuran Asuransi + Iuran Sosial + Laba Ditahan) – NNI ( Pendapatan Nasional Neto)

Rumus tersebut tentunya membutuhkan informasi lain tentang berbagai hal yang berhubungan dengan nilai nominal tersebut. Adapun anda harus tahu dulu apa itu pendapatan perseorangan atau istilah lain dalam informasi rumus diatas. Pertama, pendapatan perseorangan adalah pendapatan yang bisanya diterima oleh seseorang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang mereka dapat meski mereka tidak melakukan kegiatan. Kemudian, indikator kedua yang harus dicari untuk menggunakan rumus hitung transfer payment adalah NNI. Apakah yang dimaksud dengan NNI?

NNI adalah istilah yang diberikan yang merujuk pada pendapatan bersih nasional atau Net National Income. Pendapatan ini merupakan pendapatan yang dihitung didasarkan pada jumlah dari balas jasa yang masuk dalam penerimaan masyarakat, karena masyarakat berperan sebagai pemilik faktor produksi.

Untuk menghitung NNI ini, rumusnya adalah Produk nasional neto dikurangi pajak tidak langsung yang dibebankan pada barang produksi dan proses produksi tentunya. Contoh dari pajak tidak langsung ini misalnya adalah pajak penjualan atau pajak hadiah dan jenis lainnya.

Tentunya yang dimaksud dengan produk nasional netto juga mengganjal di benak anda. Apa yang disebut dengan produk nasional netto atau NNP ini. NNP ata produk nasional netto merupakan nilai dari produk dimana produk total atau GNP dikurangi depresiasi serta penyusutan barang modal atau yang sering dimaksud dengan replacement atau pergantian barang.

Itulah beberapa pengetahuan yang perlu kita ketahui tentang cara menghitung transfer payment dari sisi ekonomi. Tentunya mengetahui transfer payment akan membuat sistem manajemen keuangan kita lebih baik, baik itu untuk perseorangan maupun untuk individu.

Dengan hal ini, kita bisa lebih memonitor alur uang kita sehingga kita akan lebih terkontrol ketika melakukan pengembangan terhadap pendapatan yang ada. Dengan manajemen yang teratur, pengembangan pendanaan juga lebih mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+