Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak di Rumah

Januari 14, 2020

Gangguan kesehatan dapat menyerang siapapun, termasuk anak-anak. Salah satu penyebabnya adalah infeksi virus dan bakteri. Peradangan yang terjadi pada amandel juga merupakan bentuk infeksi virus atau bakteri. Cara mengobati radang amandel tersebut harus dilakukan segera dan menggunakan cara yang tepat. Selain memeriksakan ke dokter, metode pengobatan tetap harus dilakukan di rumah. Beberapa caranya adalah sebagai berikut.

1. Berkumur Air Garam

Cara Mengobati Radang Amandel dengan Garam

Sumber gambar: hellosehat.com

Amandel adalah dua buah jaringan berbentuk oval dan terletak di bagian belakang tenggorokan. Letaknya masing-masing berada di kanan dan kiri tenggorokan. Peradangan yang terjadi pada amandel ini akan mereda jika segera ditangani dengan upaya yang tepat. Berkumur dengan air garam adalah metode pengobatan di rumah yang aman dan mudah untuk anak.

Untuk anak yang sudah berusia di atas 6 tahun, cara mengobati radang amandel dengan berkumur air garam dapat meredakan rasa sakit di tenggorokannya. Caranya adalah dengan memasukkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian aduklah sampai rata. Beri tahu si kecil untuk berkumur dengan larutan garam tersebut selama beberapa detik sebagai penyembuhan amandel. Setelah berkumur-kumur beberapa kali, buanglah airnya dari mulut.

2. Memperbanyak Istirahat

Radang amandel yang termasuk rentan menyerang anak-anak haruslah segera ditangani agar anak segera sembuh dan tak lagi mengalami gangguan kesehatan. Si kecil juga tak akan rewel lagi akibat merasakan berbagai gejala yang tentu saja tak mengenakkan. Memperbanyak istirahat adalah langkah efektif untuk mengobati peradangan pada amandelnya, terlebih jika sudah mengalami pembengkakan.

Istirahat yang cukup dan teratur akan mengembalikan kondisi tubuh yang sedang sakit. Saat amandel meradang, pastikanlah si kecil bisa beristirahat cukup dan bisa tidur pulas dengan memberikan tempat tidur yang nyaman juga makanan yang lezat agar tubuhnya sehat dan rileks.

3. Mengonsumsi Makanan Lembut

Pemilihan makanan juga harus diperhatikan, terlebih saat anak sedang sakit. Asupan makanannya harus bergizi agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan sistem imunnya normal juga stabil. Saat anak mengalami peradangan di jaringan amandel, sebaiknya berilah makanan yang lembut agar mudah ditelan. Hal ini sangat penting disiapkan agar anak tetap mau makan, meskipun nafsu makannya hilang akibat sakit.

Peradangan amandel yang berada di area tenggorokan tentu saja membuatnya lebih sulit menelan karena rasa sakit dan terasa mengganjal. Oleh karena itu, makanan yang lembut akan mudah ditelan dan tak membutuhkan waktu lama untuk mengunyah. Untuk menyiasatinya, berikanlah si kecil makanan lembut yang mudah ditelan, seperti bubur, nasi tim, atau sup, seperti yang tertulis dalam situs alodokter.com.

4. Mengonsumsi Minuman Hangat

Cara mengobati radang amandel berikutnya adalah dengan memberikannya minuman hangat. Anda dapat memberikan teh hangat atau susu hangat yang bertujuan mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan anak. Jika ingin meningkatkan sistem imunnya lebih intens, Anda bisa tambahkan madu ke dalam teh hangat. Meski demikian, jangan memberikan madu untuk anak yang masih berusia di bawah 1 tahun karena justru dapat menyebabkan botulisme.

5. Memperbaiki Kualitas Udara

Bagaimanapun juga, kualitas udara sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan terjaga. Saat anak mengalami peradangan amandel, usahakan memperbaiki kualitas udara di rumah dan janganlah membawa anak ke daerah yang kualitas udaranya tidak baik. Menciptakan kualitas udara yang baik di rumah sangat berperan membantu mengatasi peradangan amandel. Sebisa mungkin jauhkan anak dari paparan polusi, di antaranya debu, kotoran, asap rokok, dan asap kendaraan. Bila perlu, Anda gunakan humidifier agar dapat melembabkan dan membersihkan udara kotor.

Cara mengobati radang amandel dengan penciptaan kualitas udara yang baik yaitu bersih dan menyejukkan ini dapat membantu pernapasan. Udara yang bersih juga membantu merelaksasi anak yang tengah merasakan ketidaknyamanan.

Demikianlah berbagai langkah pengobatan di rumah yang perlu diterapkan untuk menyembuhkan anak dari peradangan amandelnya. Meski demikian, untuk amandel yang tidak membaik melalui langkah perawatan di rumah ataupun amandel yang sudah berlangsung lama, sering kambuh, sampai mengakibatkan sesak napas, apnea tidur (sleep apnea), ataupun penyumbatan saluran pernapasan, maka segera periksakan lagi ke dokter karena bisa jadi membutuhkan penanganan berupa operasi amandel. Dalam kasus lain, jika kondisi anak tidak segera membaik setelah 2-3 hari dirawat di rumah atau terdapat tanda-tanda di atas, segera periksakan ke dokter juga untuk memperoleh penanganan medis lebih lanjut.

Sumber artikel:

www.alodokter.com

www.halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+