Sudah Tahu Cara Setting Mixer Audio Yang Tepat ? Cek Disini !

Memiliki mixer audio berkualitas dari tempat jual mixer audio merk ternama adalah sebuah impian. Tentu saja impian tersebut harus diimbangi dengan informasi terkait dengan cara mengoperasikannya dengan benar. Dengan pengaturan tepat, otomatis audio yang mampu dihasilkan pun sesuai keinginan. Namun bagaimana cara setting mixer yang benar ? Simak ulasan singkat berikut.

Cara Setting Audio Mixer yang Benar

Cara Setting Mixer Audio Yang Tepat

  1. Input Channel Jack

Input channel jack terdiri dari Jack XLR female dan Jack Phone TRS yang memiliki fungsi untuk menghubungkan input masuk yang berasal dari mikrofon. Bahkan ada pula mixer yang dilengkapi dengan jack I/O untuk memasukkan audio input dari alat musik atau VCD. Namun sebelum menggunakannya, pastikan kecilkan level gain sensitif hingga berada di angka 0 db meter.

  1. Atur Tombol Low Cut Switch

Tombol low cut switch merupakan sakelar yang mampu memangkas frekuensi. Dengan kata lain, tombol ini mampu mengurangi tekanan nada ketika terdengar hembusan angin yang masuk ke dalam mikrofon. Dianjurkan tidak menghidupkan tombol satu ini ketika dalam mode musik khusus pada saluran yang sedang terhubung.

  1. Atur Tombol Gain Sens

Tombol gain sensitive  pada mixer audio memiliki peran untuk menyesuaikan kepekaan sekaligus menguatkan input source. Sebelum menggunakannya, dianjurkan untuk menyetel tombolnya di bawah 0 db terlebih dahulu demi menekan resiko overload level. Jika Anda lupa tidak mengaturnya terlebih dahulu, kemungkinan terdengar nada bising yang mengganggu indra pendengaran.

  1. Atur EQ

Langkah selanjutnya Anda harus mengatur tombol EQ untuk mendapatkan audio yang nyaman didengarkan. EQ sendiri dibagi menjadi empat bagian yang terdiri dari EQ high, EQ middle, dan EQ middle freq, dan EQ low. Anda harus mengatur setiap tombolnya dengan tepat, karena setiap vokal yang dihasilkan dibutuhkan pengaturan berbeda.

Tentu saja tahapan ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebab sang operator harus memiliki kepekaan telinga yang mampu mendengar suara yang dihasilkan. Bahkan pengaturan untuk suara pria dan wanita saja sudah berbeda, sehingga penting mengaturnya tanpa mengubah dari karakter suara aslinya namun terdengar lebih indah.

  1. Atur Volume

Tombol ini memiliki fungsi untuk memperkecil atau memperbesar audio level channel. Umumnya Anda hanya perlu menggeser tombolnya hingga menemukan level suara yang diinginkan. Jika penggunaan luar ruangan, tampaknya Anda harus mengatur suaranya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan ruangan saja.

  1. Atur Main Master Level Control

Main master level control memiliki peran untuk mengecilkan volume secara keseluruhan. Umumnya mixer audio dilengkapi dengan dua tombol volume dengan fungsi berbeda. Usahakan kedua tombol tersebut berimbang agar audio yang dihasilkan terdengar mantap dan enak didengar. Untuk memastikan keseimbangan suara, Anda bisa cek ke bagian depan secara langsung.

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengoperasikan mixer dengan benar dan tepat. Ikuti semua instruksi yang ada agar hasilnya lebih maksimal. Anda bisa melakukan sedikit modifikasi ketika hendak memberikan efek suara tertentu. Apabila menemukan kesulitan saat mencobanya, jangan pernah ragu meminta tolong kepada sang ahlinya.

Untuk membeli produk mixer audio terbaik ini, Anda bisa menghubungi Goshen Swara Indonesia sebagai solusi untuk produk mixer audio terbaik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *