Diagnosa Penyakit Sejak Dini dengan SehatQ.com

Diagnosa Penyakit dengan SehatQ

Penyakit bisa datang kapanpun tanpa bisa diduga, namun sebelum hal buruk ini datang, tentu ada sebuah tanda atau gejala yang tampak. Salah satu yang dibutuhkan adalah kepekaan dan kesadaran kita ketika hal terjadi pada diri, maupun orang lain. Oleh karena itu, kini munculah SehatQ.com, sebuah platform kesehatan online yang memberikan informasi kesehatan lengkap.

Pentingnya Diagnosa Penyakit Sejak Dini

Tidak ada yang berharap penyakit akan datang, namun tentu kita hanya bisa mencegahnya. Caranya adalah dengan tetap menjaga gaya hidup, seperti menjaga pola makan, olahraga rutin dan pola tidur yang teratur. Pengetahuan tentang kesehatan juga sangat penting sekali, agar bisa peka saat terjadi sesuatu yang tidak beres pada tubuh.

Terkadang orang tidak sadar saat sedang mengalami gejala gangguan kesehatan. Ketidaksadaran tersebut bisa dikarenakan oleh salah satunya adalah katidaktahuan. Pengetahuan memang menjadi sesuatu yang sangat berharga, terbatasnya akses terhadap pengetahuan kesehatan membuat sebagian masyarakat tidak bisa melakukan diagnosa sejak dini.

Berdasarkan permasalahan tersebut, SehatQ.com hadir sebagai sebuah solusi untuk masyarakat. Melalui platform kesehatan yang bisa diakses oleh siapapun secara online tentu akan mempermudah setiap orang untuk menggali informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, tidak ada lagi penyakit-penyakit kronis yang menyerang karena telat menyadari.

Beberapa Penyakit dan Gejalanya

Gangguan kesehatan ada banyak sekali jenisnya, dan tentu semua pasti ada untuk melakukan penyembuhan. Salah satu gangguan kesehatan yang harus diatasi sejak dini adalah kanker, oleh karena itu kita harus benar-benar peka dengan gejala-gejala yang ditimbulkannya. Untuk mempermudah, berikut adalah beberapa gejala dari kanker.

1. Kanker Prostat

Jenis kanker pertama adalah kanker prostat. Kanker ini hanya akan terjadi pada pria, dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. Kanker prostat merupakan penyakit nomor dua yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Menurut beberapa kasus, kanker ini banyak menyerang orang-orang yang mengkonsumsi rokok.

Adanya mutasi genetik pada sel di kelenjar prostat memicu adanya kanker, hampir seperti kanker ginjal. Penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti, namun salah satu yang bisa dianggap sebagai penyebab adalah faktor pertambahan usia dan menderita obesitas. Pola makan yang kurang sehat juga bisa menjadi salah penyebabnya.

2. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan salah jenis kanker yang ada pada ginjal manusia. Peran ginjal pada tubuh manusia sangat krusial sekali, yaitu untuk melakukan penyaringan kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Terdapat dua buah ginjal yang terletak pada punggung bagian bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu diantaranya adalah hipertensi, obesitas, merokok, atau riwayat keluarga. Menurut dokter spesialis Urologi, kanker ginjal dimulai saat DNA yang terdapat di dalam sel ginjal melakukan mutasi. Akibatnya, sel ginjal tumbuh tidak normal dan parahnya akan membentuk tumor.

Gejala dari penyakit ini adalah demam, keluar keringat pada malam hari, anemia, hipertensi, dan penurunan berat badan. Biasanya, gejalanya juga disertai dengan rasa nyeri di sekitar punggung bawah. Jika mengalami hal-hal seperti demikian segeralah lakukan pemeriksaan.

3. Kanker Kantung Kemih

Kanker ini bisa muncul pada lapisan epitel yang terdapat pada kandung kemih. Nama lain dari kanker ini adalah urotelium. Awal dari kanker ini ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali yang terjadi pada kandung kemih.

Salah satu gejala yang paling umum terjadi pada kanker kandung kemih adalah darah pada urin, yang juga dikenal dengan nama haematuria. Beberapa kasus yang pernah terjadi, darah tersebut terlihat dengan jelas dengan mata telanjang, terjadi beberapa kali, dan biasanya tanpa nyeri.

Untuk jenis kanker yang lain, Anda bisa mencari sendiri di SehatQ.com. Anda akan beragam penyakit dan beserta dengan gejala-gejala dan cara penyembuhannya. Dengan begitu, Anda bisa tahu ketika ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *