Inilah Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Matahari yang bersinar terik dan cuaca yang panas pastinya akan membuat Anda ingin berada di ruangan yang sejuk atau dingin. Masalah muncul apabila AC Anda tidak dingin. Kira – kira apa penyebabnya? Berikut ini kenali penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

1. Settingan Remote AC jika belum sesuai

Biasanya penyebab utama dari AC yang tidak dingin disebabkan oleh pengaturan mode pada remote AC yang belum sesuai. Kalau remote AC di setting pada mode dry atau heat maka akan menyebabkan kompresor AC beroperasi.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan pengaturan mode di posisi Auto atau cool. Kemudian Anda bisa melakukan pengaturan pada kipas atau fan supaya berada di posisi maksimal agar udara yang keluar menjadi terasa lebih kencang.

2. Outdoor AC Tidak Hidup

Outdoor AC yang tidak hidup ternyata juga bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin, kompresor AC jadi tidak bisa bekerja untuk mensirkulasikan freon yang ada di jalur pipa AC.

Nah, untuk mengatasinya silahkan Anda cek terlebih dahulu arus listrik yang keluar dari indoor, kemudian cek juga jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unit. Apabila kabel masih bagus dan arus sampai ke outdoor unit maka kemungkinan terdapat komponen pada kompresor AC atau outdoor yang rusak.

3. Freon AC Kurang/ Habis

Kehabisan freon atau kekurangan freon juga bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin, zat yang memiliki kandungan hidrogen, klorin, dan broming ini yang akan membuat AC Anda menjadi dingin. Apabila freon kurang dari tekanan standar yang telah disarankan pada AC, maka Anda bisa membuat pipa dan evaporator AC untuk menghasilkan gumpalan es, bahkan jika freon AC kosong otomatis AC akan menjadi tidak akan dingin.

Freon yang kurang atau habis dapat disebabkan karena terdapat kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, Maka dari itu sebelum Anda melakukan penambahan serta pengisian freon untuk bisa mengatasi kekurangan freon ini sebaiknya Anda melakukan pengecekan kebocoran di jalur pipa dan melakukan pengelasan pada pipa yang telah bocor, setelah itu Anda bisa mengisi freon.

4. Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas yang terdapat pada unit indoor memiliki fungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator. Kalau kipas indoor tersebut tidak berputar atau putaran lemah maka akan membuat udara di ruangan menjadi tidak dingin. Kipas pada bagian outdoor ini dapat berfungsi juga untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, kalau kipas ini tidak berputar maka kompresor juga akan menjadi panas, bahkan dapat membuat kompresor macet sehingga AC menjadi tidak akan dingin.

5. Kapasitas AC yang Tidak Sesuai Dengan Luas Ruangan .

Sebelum Anda melakukan pemasangan AC ada baiknya ukur terlebih dahulu berapa besar ruangan yang akan dipasang AC, apabila rungan terlalu besar dan kapasitas AC kecil maka tentunya tidak akan membuat ruangan menjadi dingin.

6. Kondisi Ruangan

Ruangan yang terpapar langsung oleh matahari akan membuat kinerja AC menjadi berkurang, begitu juga bila dinding ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung. Agar dapat mengatasinya sebaiknya remote AC Anda di setting pada temperatur yang paling rendah, Anda juga bisa mengganti AC dengan kapasitas yang lebih besar.

7. Kabel Koneksi Dari Indoor Ke Outdoor Terputus.

Agar kompresor AC dapat bekerja, maka pastinya diperlukan arus listrik. Apabila kabel yang menjadi penghubung antara unit dalam dengan unit luar terputus, maka AC tidak akan dingin. Cara mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti kabel tersebut.

8. Komponen Pada PCB Rusak.

Pada dasarnya, arus listrik yang menyalakan kompresor diatur melalui komponen yang ada pada papan PCB. Kalau komponen untuk mengatur arus di papan PCB telah rusak alias tidak berfungsi dengan baik maka akan membuat AC tidak dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan service PCB atau penggantian PCB yang baru.

Nah, itulah penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya yang bisa Anda terapkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *