5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun

Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun

Jam tangan merupakan aksesoris yang sepertinya wajib sekali untuk dimiliki oleh seseorang. Jam tangan sendiri biasanya memiliki keunggulan masing-masing, mulai yang anti air hingga anti pecah.

Biasanya jam tangan memiliki kelemahan seperti berembun saat musim hujan datang. Bagi anda yang suka jam tangan, pastinya tidak ingin embunnya menetap lama bukan? Nah, untuk itu anda harus tahu bagaimana cara mengatasi jam tangan berembun berikut ini:

1. Angin-Angin di Area Terbuka

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah meletakan jam tangan berembun tersebut di area yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara bagus. Jam tangan tidak boleh terkena matahari langsung, jadi usahakan jangan sampai menjemurnya agar embun hilang ya.

Anda juga bisa meletakkannya di dekat perapian, diatas TV, dibawah sinar lampu atau di tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun tersebut.

Kalau dijemur dibawah sinar matahari langsung memang cepat panas, bahkan airnya bisa cepat menghilang. Tetapi jam tangan justru akan cepat rusak karena barang elektronik seperti jam tangan memang tidak bisa terkena panas yang berlebihan.

Sedangkan panas matahari biasanya cukup berlebih, bahkan tanpa adanya penghalang justru akan merusak. Jadi usahakan untuk mengangin-anginkan saja di area yang terbuka agar hawa panas dari matahari juga sampai, tetapi tidak terkena secara langsung.

2. Bungkus Jam Dengan Handuk

Tips selanjutnya untuk mengatasi jam tangan berembun adalah dengan membungkus jam tangan dengan handuk. Hal ini bisa menjadi solusi saat cuaca sedang tidak cerah.

Bungkus jam tangan dengan handuk bagian belakang jam tangan menghadap ke bawah. Letakkan jam tersebut di tempat yang udaranya terbuka atau sedikit terang agar cepat menghilang embunnya.

3. Rendam di Tumpukan Beras

Hampir sama seperti cara mengatasi smartphone yang terkena air, anda juga bisa memasukkan jam tangan berembun ke dalam beras. Beras bisa menyerap air dengan baik, anda hanya perlu meninggalkan jam tangan yang berembun tersebut beberapa saat hingga embunnya hilang.

Cara ini sudah biasa dilakukan oleh beberapa orang, beras juga biasanya digunakan untuk menyimpan buah agar cepat matang. Ternyata beras selain bisa menyerap air dengan baik, ia juga bisa memunculkan hawa hangat sehingga embun di dalam jam tangan bisa menghilang.

4. Menggunakan Lilin

Anda bisa memanfaatkan lilin yang sudah pendek atau memang lilin yang ukurannya pendek agar panasnya terasa hingga permukaan jam tangan. Nyalakan lilin tersebut, lalu taruh jam yang berembun di dekat lilin.

Cara ini akan bekerja lebih efektif jika anda menggunakan beberapa batang lilin sekaligus. Tapi usahakan jangan terlalu dekat ya, nanti bisa-bisa anda membakar jam tangan.

5. Letakkan Dekat Kipas Laptop

Jika anda memiliki sebuah laptop, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kipas laptop untuk menghilangkan embun. Cara ini memang cukup memakan waktu lama dari pada cara yang lain.

Tapi jika anda memiliki waktu yang cukup free, anda bisa menaruh jam tangan anda di samping laptop sambil bekerja.

Kipas laptop memang mengeluarkan angin dan cukup hangat, sehingga sangat pas untuk menghilangkan embun yang ada pada jam tangan. Tinggalkan saja beberapa waktu hingga embunnya menghilang.

Itulah informasi tentang cara mengatasi jam tangan berembun yang bisa kami informasikan untuk anda. Sebaiknya jangan menggunakan jam tangan saat cuacanya hujan, jika memang sangat butuh jam tangan, pastikan bahwa jam tangan anda tidak terkena air hujan atau terlalu dingin agar tidak menimbulkan embun, terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *