Ini Dia Langkah-Langkah dalam Melakukan Audit Listrik Perusahaan

Langkah-Langkah Audit Listrik Perusahaan

Siapa di sini yang masih asing dengan istilah audit listrik? Audit listrik adalah proses evaluasi pemanfaatan energi guna mengidentifikasi peluang penghematan energi untuk meningkatkan suatu efisiensi suatu perusahaan. Dalam proses audit energi listrik bukan hanya penting untuk menghemat biaya listrik saja. Langkah ini juga diwajibkan oleh pemerintah melalui Surat Edaran Wajib nomor 302.E/07/DJE/2010 yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pada tahun 2010 silam. Surat edaran tersebut berisikan kewajiban pengguna energi listrik maupun non listrik yang setara dengan 6000 ton minyak atau 69780 Megawatthour (MWh) pertahun untuk melakukan konservasi energi.

Secara tidak langsung, surat edaran tersebut ditujukan kepada para pelaku industri dan gedung perkantoran mengingat mereka membutuhkan daya listrik yang sangat besar dalam operasional industri.

Lalu, bagaimana proses audit energi bisa dilakukan oleh sebuah industri? Ini dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Pengumpulan data

Proses pengumpulan data sangat penting dalam proses audit energi. Dari data yang didapat, nantinya diperoleh kesimpulan yang akurat terhadap penggunaan energi listrik dalam suatu gedung perkantoran. Proses ini mencakup pengumpulan data desktop, pengumpulan data lapangan, dan cross check kedua data tersebut.

2. Pembagian beban akhir penggunaan

Setelah mendapatkan data yang akurat, Anda dapat membagi berapa total energi yang digunakan dan berapa energi utama yang dijalankan suatu gedung perkantoran. Pembagian tersebut bisa didapat berdasarkan chart konsumsi energi yang dibuat setiap bulannya, hari, dan jam. Pembagian juga bisa didasarkan pada kebutuhan seperti penerangan, pompa air, pendingin ruangan, dll.

3. Pelaporan hasil audit

Setelah audit listrik dilakukan, langkah berikutnya adalah membuat laporan terhadap hasil audit tersebut.

Nah, untuk memastikan proses audit listrik pada sebuah gedung perkantoran ataupun industri, dibutuhkan tenaga ahli yang bersertifikasi dalam melakukan hal tersebut. Sewatama bisa menjadi solusi yang tepat untukmu dalam proses audit di perusahaan.

Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan jasa sewa panel surya berkualitas yang bisa kamu manfaatkan untuk perusahaan atau perumahan,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *