Langkah Lapor ESPT PPH 23 dengan Aplikasi Online E-bupot Klikpajak

Lapor ESPT PPH 23 dengan Aplikasi Online E-bupot Klikpajak

Pembayaran pajak memang sangatlah beragam. Salahsatunya adalah pajak penghasilan pasal 23 atau biasa disebut PPh 23. Bagi sebuah badan usaha pajak ini juga menjadi sebuah kewajiban yang harus dibayarkan. Untuk pembayaran PPh 23 anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi online pajak atau dengan mengunjungi situs online DJP.

Setelah anda berhasil melakukan pembayaran pajak penghasilan, maka yang harus anda lakukan berikutnya adalah bagaimana cara lapor SPT masa atau lapor espt PPh 23 secara online dengan aplikasi e-bupot di klikpajak.id.

Berikut ini adalah langkah-langkah lapor espt PPh 23 yang bisa anda ikuti agar proses pelaporan menjadi lebih mudah dan lancar.

1. Mempersiapkan SPT

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika anda akan melakukan pelaporan SPT masa adalah dengan mempersiapkan SPT. Anda bisa mempersiapkannya dengan melakukan posting SPT.saat proses posting SPT ini jangan lupa untuk menentukan masa atau tahun pajak serta pembetulan SPT yang ingin anda persiapkan. Lengkapi juga informasi pada daftar SPT yang kurang agar SPT siap dilaporkan.

2. Lihat detail SPT

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah melihat detail SPT. Bagi anda yang sudah pernah membuat Spt atau sudah diposting, sebaiknya melihat detail SPT terutama pada halaman daftar SPT masa PPh 23. Klik pada link masa atau tahun pajaknya.

3. Memperhatikan Form induk

Selanjutnya, langkah lapor espt PPh 23 yang harus dilakukan adalah memperhatikan form induk. Pada halaman form induk ini anda bisa melihat jumlah penghasilan dan PPh yang dipotong dan dikategorikan dalam setiap kode objek pajak.

4. Mempersiapkan lampiran BP

Untuk proses lapor espt PPh 23 semua bukti potong PPh 23 yang diperhitungkan penting juga untuk dipersiapkan. Oleh karena itu anda juga harus mempersiapkan lampiran BP yang ada sebelumnya sebelum proses pelaporan PPh dilakukan.

5. Siapkan lampiran tagihan dan setoran

Berikutnya setelah anda mempersiapkan lampiran bukti potong, anda juga harus mempersiapkan lampiran tagihan dan setoran untuk dapat melakukan lapor SPT masa. Agar proses pelaporan bisa diselesaikan, maka jumlah pajak terhutang harus segera dilunasi.

6. Melaporkan SPT

Langkah berikutnya yang juga harus dilakukan untuk lapor espt PPh 23 adalah dengan melaporkan SPT. Setelah anda berhasil melakukan input dan validasi bukti penyetoran atau suatu SPT dan total sisa tagihan juga dilunasi, maka status SPT akan berubah menjadi siap lapor.

7. Donwload bukti penerimaan elektronik

Setelah SPT anda berhasil dilaporkan, selanjutnya anda akan menerima bukti penerimaan elektronik dari DJP. Anda bisa mendownloadnya pada halaman daftar SPT masa PPh 23 lalu klik download.

Setelah semua langkah tersebut berhasil anda lakukan, maka kainginan anda untuk lapor SPT masa sudah bisa dianggap selesai. Dengan menggunakam aplikasi e-bupor dan klikpajak segala sesuatu tentang pelaporan SPT bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Dengan cara demikian ini juga sangat membantu bagi mereka yang sebelumnya tidak memahami bagaimana cara dan tahapan yang harus dilakukan untuk dapat melakukan pelaporan espt PPh 23.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai langkah lapor espt PPh 23 dengan aplikasi e-bupot dan klikpajak. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu anda mempermudah segala urusan yang berkaitan dengan kewajiban akan pajak. Semoga membantu, terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *