Mengapa Mobil Diesel Keluar Asap Putih?

Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Memiliki mobil diesel membutuhkan perawatan khusus. Ini karena mesin diesel memiliki beban kerja yang jauh lebih tinggi dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin karena rasio kompresi dan turbochargernya yang tinggi. Pemilik mobil diesel mungkin pernah mengalami mobil diesel keluar asap putih yang mungkin saja menandakan kerusakan. Sebenarnya, apa penyebabnya?

Penyebab Asap Putih Mobil Diesel

1. Kondensasi Udara Dingin

Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu rendah, kendaraan diesel akan menghasilkan asap putih saat dipanaskan. Asap putih ini merupakan hasil dari udara dingin di sekitar mobil. Asap putih yang dihasilkan selama proses kondensasi ini cenderung tipis dan menghilang dengan cepat.

Biasanya, asap ini akan hilang dalam waktu 5 menit. Jika mobil Anda mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan asap putih tersebut hanyalah respon mesin mobil terhadap perubahan suhu dari dingin ke panas.

2. Silinder Rusak

Asap putih dari knalpot mobil diesel juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian silinder. Tentu saja, kerusakan tersebut mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar. Akibatnya, posisi ring piston juga akan bergeser dan oli bisa merembes ke ruang bakar. Jadi ketika mobil memanas, ia mengeluarkan asap putih tebal.

3. Umur Mobil Tua

Penuaan kendaraan juga dapat mempengaruhi apakah kendaraan diesel menghasilkan asap putih saat dipanaskan. Jika mobil terlalu tua atau lebih dari 7 tahun, kondisi mesin akan memburuk secara signifikan apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Sistem pembakarannya pasti tidak sebaik saat pertama kali mendapatkan mobil baru. Akibatnya, mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan.

4. Blok Mesin Retak

Retakan pada blok mesin ini memungkinkan air meresap ke dalam ruang bakar mesin. Air yang masuk inilah yang menyebabkan asap knalpot kendaraan diesel mengeluarkan asap putih tebal saat dipanaskan. Proses pembakaran di dalam mobil hanya melibatkan bahan bakar. Jika ada zat lain yang terbakar, seperti air, tentu hasil pembakarannya akan berbeda.

5. Oli Terbakar

Zat lain yang dapat terbakar adalah minyak. Minyak yang terbakar dengan bahan bakar ini mengeluarkan asap putih tebal dari knalpot hingga membuat mobil diesel keluar asap putih. Jika ini terjadi, segera ganti oli dan pengecekan ring piston.

Demikian lah beberapa penyebab mobil diesel keluar asap putih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.