Apa Itu Eksposisi? Inilah Penjelasan Rinci dan Contohnya

Penjelasan Rinci dan Contoh

Terdapat beragam jenis teks yang membahas suatu hal dan dibedakan dengan strukturnya. Salah satunya adalah teks eksposisi. Apa itu eksposisi? Jika Anda pernah mengetahui jenis teks yang di dalamnya memuat ajakan kepada seseorang dengan singkat, padat, dan jelas, maka itulah yang disebut dengan eksposisi. Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Tujuan Teks Eksposisi

Seperti penjelasan di bagian awal tadi, teks eksposisi adalah suatu teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat. Tujuan dari teks eksposisi adalah menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga pembaca memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian yang dimuat dalam teks secara rinci.

Berdasarkan tujuan teks tersebut, diharapkan pembaca bisa memahami apa yang disampaikan dalam teks. Jika pembaca paham, maka pesan teks akan tersampaikan dengan baik. Agar lebih mudah, Anda harus memahami poin penting dari setiap paragrafnya.

Fungsi Teks Eksposisi

Sebenarnya, fungsi teks eksposisi sangat berkaitan dengan tujuannya. Jika tujuannya adalah menyampaikan informasi dan pengetahuan dengan singkat, padat, dan jelas, maka fungsinya juga berkaitan. Fungsi dari teks eksposisi adalah menyampaikan, menerangkan, mengungkapkan, atau menguraikan suatu gagasan berupa pokok pikiran tentang suatu hal sesuai topik yang dibahas.

Topik yang dibahas dalam eksposisi memang bersifat non fiksi, sehingga membutuhkan argumentasi yang kuat. Pembacanya juga harus memahami dengan seksama setiap hal yang disampaikan dalam teks. Berkaitan dengan dua poin tersebut, diharapkan teks eksposisi menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan memuat informasi yang akurat.

Ciri Umum Teks Eksposisi

Setiap jenis teks pasti mempunyai suatu ciri atau karakteristik yang umumnya harus dipahami. Ciri umum dari teks eksposisi ini terdiri dari berbagai hal. Hal pertama yang dapat dipahami adalah penyampaian informasi dalam teks yang dipaparkan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Informasi tersebut juga akurat karena menggunakan data-data.

Ciri keduanya adalah menggunakan gaya penulisan yang bersifat persuasif informatif atau mengajak orang lain melalui argumentasi yang kuat berdasarkan data atau fakta akurat. Penjelasan informasi di dalam teks ini juga dipaparkan dengan lugas dan menggunakan bahasa baku sesuai dengan EYD.

Ciri umum berikutnya adalah penyampaian informasi di dalam tulisan bersifat objektif, tidak memihak, dan berdasarkan bukti konkrit. Uraian informasi dalam teks disertai data yang akurat dan berasal dari sumber terpercaya sebagai pendukung isi tulisan. Dalam teks eksposisi, fakta informasi yang diberikan ini banyak dipakai untuk alat konkritasi dan kontribusi.

Poin yang terpenting, penulis teks eksposisi ini tidak memihak. Dengan demikian, argumentasi yang disampaikan ini berdasarkan pemahaman fakta atau data yang ditemukan dan tidak menggiring atau memaksa pembaca mempunyai pemikiran yang sama dengan penulis.

Jenis Teks Eksposisi

Pertanyaan mengenai apa itu eksposisi akan lebih terjawab saat memahami jenisnya. Teks eksposisi juga mempunyai beragam jenis yang harus dipahami agar lebih mudah dalam memahami isinya. Terdapat lima jenis teks eksposisi, di antaranya adalah teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi berita, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi definisi, dan teks eksposisi analisis.

Teks eksposisi ilustrasi adalah teks yang berisikan ilustrasi atau gambaran atas suatu peristiwa. Itu artinya bahwa teks ini banyak menceritakan suatu hal yang menjadi pokok bahasan kepada pembaca. Penulis dapat membahas hal apa saja dan menguraikannya melalui penjelasan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Bahasanya juga harus mudah dipahami atau komunikatif.

Teks eksposisi berita merupakan jenis teks yang memuat isi berita yaitu suatu kejadian peristiwa atau fenomena secara mendalam. Penulis dapat memberikan argumentasi mengenai peristiwa atau fenomena tersebut. Jenis teks ini adalah yang paling sering dijumpai.

Teks eksposisi perbandingan juga merupakan teks yang mengulas suatu persoalan, peristiwa, atau kejadian. Akan tetapi, penulis teks ini tidak saja menyajikan satu persoalan, namun memaparkan dua buah persoalan dan membandingkannya. Tentu perbandingan ini berdasarkan pada argumentasi penulis. Melalui perbandingan ini, penulis menyampaikan hal yang menurutnya baik.

Teks eksposisi definisi merupakan teks yang di dalamnya penulis menyampaikan pendapatnya mengenai definisi atau pengertian terkait suatu hal. Dalam hal ini, penulis memberikan bukti kuat mengapa berani memberikan definisi suatu benda atau objek. Teks semacam ini sering dibuat oleh para ahli dengan topik yang sesuai dengan bidangnya.

Teks eksposisi analisis merupakan suatu jenis teks yang berisi analisis. Analisis ini tentu saja berdasarkan proses dan hasil analisis penulis. Hasil analisis yang disampaikan ini disertai pendapat penulis mengenai suatu topik yang diangkat penulis. Analisis ini disampaikan dalam bahasa yang padat dan mudah dipahami.

Contoh Teks Eksposisi

Selain memahami tujuan, fungsi, ciri umum, dan jenis teks eksposisi, Anda harus memahami juga strukturnya. Struktur teks eksposisi adalah tesis atau pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat atau reiteration. Setelah memahami struktur tersebut, Anda bisa mengenali teks eksposisi. Inilah contoh teks eksposisi sebagai gambaran untuk Anda.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan satu di antara berbagai faktor penting lainnya dalam menciptakan kenyamanan di sekolah dan lingkungan sekitar. Setiap sekolah pastinya selalu mengajarkan siswa-siswinya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Tidak jarang diselenggarakan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat dan rasa kepedulian murid terhadap kebersihan.

Di setiap kelas, umumnya dilakukan pula pembagian tugas piket setiap harinya. Tugas piket ini sangat penting karena bertugas menjaga kebersihan kelas setiap harinya. Petugas piket akan menyapu, menghapus papan tulis, dan menyiapkan alat tulis guru.

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah. Pasalnya, kebersihan adalah sebagian dari iman dan menjadi faktor penting terwujudnya proses belajar mengajar yang sehat dan nyaman. Jadi, menjaga kebersihan adalah upaya manusia untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan terawat.

Demikianlah seluk beluk penjelasan mengenai teks eksposisi agar dapat memahami jenis teksnya. Pertanyaan apa itu eksposisi sudah terjawab. Sebagai tips agar dapat memahami teksnya dengan baik dan lancar, Anda bisa mempelajari struktur, ciri umum, dan jenis-jenisnya. Pengayaan bahasa dan pemahaman bacaan juga harus ditingkatkan. Hal ini berkaitan dengan kemampuan literasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *