Penasaran Apa Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi? Yuk Cek Disini

November 15, 2019

Kulkas yang merupakan barang elektronik pastinya akan memiliki masalah tertentu seperti kulkas tidak dingin lagi seperti dulu. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin lagi? Untuk menjawab hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda cek lebih dulu.

Dari pada penasaran dengan penyebab kulkas tidak dingin seperti dulu awal anda membeli kulkas, langsung saja kita simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Aliran Listrik Rendah

Hal pertama yang sangat mungkin menjadi penyebab kulkas anda tidak dingin lagi adalah karena aliran listrik di rumah anda rendah. Bisa saja listriknya suka mati karena banyaknya barang elektronik di rumah anda, jadi cek saja dulu.

Kemudian stop kontak yang menjadi penyambung daya aliran listrik bisa saja colokkan nya tidak menancap dengan baik pada stop kontak. Anda harus cek lebih dulu, karena hal sepele bisa saja anda salah paham dan menganggap bahwa kulkas anda sudah rusak.

2. Jauhkan Dari Hal yang Panas

Jangan biarkan makanan yang masih panas masuk ke dalam kulkas yang notabene memiliki suhu yang dingin. Niatan hati ingin mendinginkan makanan, tetapi hal tersebut justru merusak kulkas secara cepat, karena kondisi dingin akan bercampur dengan panas.

Reaksi kimia bisa saja terjadi, karena suhu panas lebih dominan, pastinya suhu dalam kulkas yang awalnya dingin bisa saja menjadi kurang dingin. Selain memasukkan makanan panas, sebaiknya jangan taruh kulkas di dekat barang panas, misalnya saja jauhkan dari kompor dan hal lain nya yang panas.

3. Pastikan Lubang Es Bersih

Lemari es atau kulkas juga perlu dibersihkan secara berkala agar bunga es yang ada dalam freezer tidak menumpuk. Ketika bunga es tersebut menumpuk, pastinya ia akan menutup saluran es atau lubang yang membuat suhu jadi dingin.

Jika hal tersebut terjadi, suhu dalam kulkas tidak sedingin biasanya karena lubangnya akan tertutupi dengan es. Jadi untuk mengatasinya, anda perlu membuka lemari es anda, dan tunggu hingga es tersebut mencair dan bersihkan freezer anda.

4. Pintu Kulkas Rusak

Pintu kulkas bisa saja tidak tertutup rapat ketika ditutup karena karet perekatnya lepas atau hilang, jadi anda cek dulu ya. Kalau memang pintunya kurang rapat, sebaiknya anda perbaiki saja karena hal tersebut bisa membuat kulkas kurang dingin.

Penyebab kulkas tidak dingin yang satu ini bisa saja terjadi bukan hanya karena pintunya rusak, tetapi terkadang karena anda kurang benar menutupnya.

Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin, jadi sebaiknya anda cari tahu dulu apakah kulkas anda mengalami hal diatas atau tidak? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+