4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Asuransi kesehatan syariah merupakan produk perlindungan atas kesehatan yang menganut prinsip syariat Islam. Asuransi ini hadir memakai sistem yang memungkinkan para peserta berbagi risiko atau sharing of risk dengan menghibahkan dana kontribusi yang disebut dana tabarru. Dana inilah yang kelak akan digunakan untuk mengakomodasi klaim dari para peserta asuransi. Sebab, dana tabarru milik semua peserta asuransi, bukan dari perusahaan asuransi.

Lantas, hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli produk perlindungan kesehatan syariah? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Besaran premi

Premi adalah iuran dana yang harus Anda bayarkan setiap bulan, trimester, semester, ataupun per tahun kepada perusahaan asuransi. Nilai premi ini dihitung per orang yang tercantum dalam polis dan dianggap sebagai nasabah perusahaan asuransi. Saat ini, sudah ada perusahaan asuransi yang menawarkan premi dengan nominal yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 75 ribu. Dengan premi yang terjangkau ini tentunya Anda dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan bebas khawatir. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan lebih banyak keluarga anggota keluarga Anda sebagai nasabah asuransi tersebut.

Namun, Anda perlu tahu juga bahwa ada juga asuransi yang bisa melindungi satu keluarga cukup dengan satu produk saja. Biaya premi untuk asuransi ini umumnya lebih murah dibandingkan pendaftaran mandiri per anggota keluarga. Produk asuransi keluarga ini pun biasanya memiliki diskon menarik, sehingga premi yang ditawarkan pun akan lebih murah.

  • Cakupan manfaat

Selain premi yang dibayarkan, hal selanjutnya yang perlu menjadi perhatian Anda adalah cakupan manfaat yang akan diperoleh. Pilihlah asuransi syariah yang menawarkan manfaat dengan nominal yang tinggi atau variasi yang banyak. Saat ini, tidak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan cakupan manfaat pertanggungan kesehatan hingga ratusan juta rupiah per tahun. Manfaat tersebut mencakup biaya kamar, biaya dokter, cek lab, dan perawatan pasca rawat inap, uang tunai harian, hingga layanan bantuan medis jika sewaktu-waktu peserta asuransi mengalami keadaan darurat.

  • Jenis Perlindungan

Setiap layanan asuransi menawarkan ketentuan yang berbeda-beda untuk ditanggung. Anda dapat memilih asuransi yang menyediakan pertanggungan Covid-19, menanggung usia peserta sejak 30 hari, hingga santunan meninggal dunia. Pilihlah produk asuransi dengan perlindungan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Klausul Pengecualian

Dalam lingkup asuransi, biasanya terdapat istilah pengecualian untuk pre-existing condition dan juga masa tunggu. Yang dimaksud pre-existing condition adalah situasi klaim ditolak karena tertanggung sudah terdiagnosis penyakit tertentu entah sudah diketahui atau belum diketahui ketika peserta mengajukan pembuatan polis asuransi. Sedangkan masa tunggu adalah jenis penyakit atau pertanggungan tertentu yang baru dapat diklaim setelah sekian waktu (bisa 1 bulan sampai 1 tahun) memiliki produk asuransi. Hal ini penting Anda perhatikan ketika memilih asuransi agar Anda dapat memperoleh manfaat dari asuransi tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi syariah. Semoga informasi di atas cukup membantu Anda, ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *