Tujuan Cuci Tangan yang Harus Kamu Tahu

Di era new normal seperti saat ini, penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan supaya tidak tertular virus corona. Seperti yang kita ketahui, saat ini penyebaran virus corona di Indonesia masih terbilang mempunyai angka yang sangat tinggi. Di setiap harinya rata-rata ada tambahan 1000 orang yang positif terkena corona. Dengan keadaan seperti ini, ada baiknya kamu harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Pemerintah telah memberlakukan new normal beberapa minggu yang lalu. Dengan keadaan seperti ini, semua orang dapat melakukan aktivitasnya di tengah pandemic virus corona. Hal ini tentu sangat berbahaya apabila kamu tidak menerapkan protokol kesehatan yang ada, seperti memakai masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan, dan lain-lain. Semua protokol kesehatan tersebut harus dilakukan secara rutin supaya kita dapat memutuskan rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Tujuan Cuci Tangan yang Harus Kamu Tahu

Salah satu kegiatan yang sangat ampuh untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan dengan rutin. Kita tahu bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mencuci tangan. Selain membunuh kuman yang ada, kita juga memiliki risiko yang kecil untuk tertular dari virus corona.

Semua orang yang beraktivitas di luar rumah tentu secara tidak sengaja menyentuh barang di tempat umum. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah barang tersebut sudah bersih dari corona atau tidak? Dengan begitu, maka ada baiknya kamu mencuci tangan secara rutin. Terlebih, ketika habis dari luar rumah.

Selain itu, tujuan dari cuci tangan tentu ada banyak sekali. Berikut ada beberapa tujuan cuci tangan yang wajib kamu pahami:

  1. Untuk membunuh kuman

Jelas, tujuan pertama dari mencuci tangan adalah untuk membunuh kuman yang menempel. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apakah ada kuman yang menempel di tangan kita atau tidak. Dengan cuci tangan, setidaknya kita sudah membuat tangan kita higienis dan terbebas dari kuman.

  1. Memutuskan rantai penyebaran virus corona

Sudah jelas, salah satu protokol kesehatan yang ada di tengah pandemic virus corona ini adalah dengan sering mencuci tangan. Setiap kita habis dari luar ruangan dan memegang barang di tempat public, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan agar terbebas dari virus corona.

  1. Membuat keluarga sehat

Tujuan lainnya dari cuci tangan adalah agar membuat keluarga kita tetap sehat dan terhindar dari virus corona. Oleh karena itu, selalu ingatkan keluargamu ketika habis dari luar rumah dan tidak sengaja memegang barang di tempat umum. Dengan demikian, saat masuk kembali ke rumah semua kembali dengan bersih dan tidak ada yang membawa virus dari luar.

Itu dia beberapa tujuan dari cuci tangan yang wajib kamu pahami. Untuk langkah cuci tangan yang tepat, berikut ada beberapa langkah-langkahnya:

  • Basahi kedua tangan dengan air
  • Tuangkan sabun cuci tangan ke tangan secukupnya. Kamu bisa menggunakan berbagai macam merek sabun yang ada
  • Gosok kedua telapak tangan untuk menghasilkan buih sambil mencuci telapak tangan
  • Bersihkan jari-jarinya juga agar terbebas dari kuman dan kotoran
  • Lakukan cuci tangan selama 20 detik

Apabila kamu belum mempunyai sabun cuci tangan, kamu dapat membelinya di JD.ID. Di sana ada berbagai macam merek sabun tangan yang bisa kamu dapatkan dengan harga kisaran Rp 18.000 hingga Rp 40.000. Yuk segera bersihkan diri sendiri dan mulai cuci tangan dengan rutin!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *